Saturday, 7 November 2015

ISD (pemuda dan sosialisasi)


PEMUDA DAN SOSIALISASI




·         INTERNALISASI BELAJAR DAN SPESIALISASI :



Ø  PENERTIAN PEMUDA 

Pemuda adalah sosok individu produktif yang mempunyai karakter khas (revolusioner, optimis, berpikir maju, memiliki moralitas, dan sebagainya). Namun pemuda juga memilliki kelemahan yang mencolok (control diri dalam artian mudah emotional), sedangkan kelebihannya yang paling menonjol (mau menghadpi perububahan, baik berupa social atau cultural dengan menjadi pelopor perubahan itu sendiri. 

Ø  PENGERTIAN SOSIALISASI

Sosialisasi adalah proses yang membantu inddividu melalui media pembelajaran dan penyesuaian diri, bagaimana bertindak dan berpikir agar ia dapat berperan dan berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai angota masyarakat.
Pengertian ssosialisasi menurut para ahli : 

1.        Charlotte buhler
Sosialiisai adalah proses yang membantu individu belajar dan menyesesuikan diri, bagaimana cara hidup, dan berfikir kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dengan kelompoknya.

2.        Peter berger
Sosialisasi adalah suatu proses dimana sesorang menghayati serta memahami norma – norma dalam masyarakat tempat tinggalnyasehingga akan membentuk kepribafdianya.

Ø  INTERNALISASI BELAJAR DAN SOSIALISASI

Internalisasi adalah perubahan social dalam masyarakat. Sedangkan sosialisasi adalah suatu proses yang mempe;ajari tentang norma- norma masyarakat yang akan membentuk kepribadianya dilingkungan masyarakat. Jadi jika  tidakk adanya internalisasi dan sosialisasi dilingkungan masyarakat. Maka tidak aka nada perubahan dilingkungan itu.




Ø  PROSES SOSIALISASI

Poses sosisalisasi ada 4 yaitu :

1.        Tahap persiapan 

Tahap ini dilakukan sejak manusia dilahirkan,pada saat anak-anak mulai mempersiapkan dirinya untuk mengenal dunia sosialisasi dari lingkunan rumah, media, dan tempat-tempat yang disinggahinya dengan cara meniru walaupun tidak sempurna.

2.        Tahap meniru

Tahap di mana seorang anak yang mulai sempurna untuk meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Dia mulai mengetahui namanya, nama orang tuanya, dan apa yang dilakukan orang tuanya.

3.        Tahap siap bertindak

Tahap ini memulai seorang anak yang hanya meniru menjadi seorang diri yang dia inginkan, menyadari adanya suatu norma yang ada dirumah maupun di lingkunganya,dan mulai mendapatkan kompleks yang harus dihadapinya didalam bersosialisasi.

4.        Tahap norma kolektif

Pada tahap ini sudah di anggap dewasa karna di dakam dirinya sudah tahu sepenuhnya apa itu arti norma dalam kehidupan yang sebenarnya, memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap orang yang ia kenal maupun tidak dikenal dalam arti masyarakat luas.

Ø  PERANAN SOSIAL MAHASISWA DAN PEMUDA DI MASYARAKAT

Perana social mahasiswa bisa dikatakan pemuda yang aktif dan berintelektual yang akan berperan sebagai generasi yang diharapkan akan meneruskan geenerasi sebelumnya, yang akan membangun Negaranya menjadi lebih baik (maju). Sedangkan pemuda adalah seorang individiu atau kelompok yang berperan aktif di dalam masyarakat dan bias dikatakan mahasiswa atau bukan, karena belum semua pemuda yang berintelektual mampu secara ekonomi untuk menjenjang pendidikan yang lebih tinggi, karena biyaya pendidikan yang semakin mahal. Bias dikatakan pemuuda memiliki sosialisai yang tinggi yang dapat berperan penting dilingkunan masyarakat khususunya bersosialisasi untuk menjadi penengah di dalam linngkungan sekitar maupun secara luas.


·         PEMUDA  DAN IDENTITAS :


Ø  POLA DASAR PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN GENERASI MUDA :

1)       Landasan idiil
2)       Landasan konstitusional
3)       Landasan strategis
4)       Landasan historis
5)       Landasan normative

Menurut pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda yang ada di atas telah di tetapkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan dalam keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan NO 00323/U/1978 tanggal 28 oktober 1978.
Jadi pembinaan dan pengembangan generasi muda ialah semua pihak yang bersangkutan harus ikut serta  dalam kepentingan generasi muda, agar satu laras mencapai tujuan yang kita semua inginkan.

Ø  DUA PENGERTIAN POKOK PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN GENERASI MUDA 

Menurut pokok pembinaan dan pengembangan generasi muda ada 2 yaitu :

1.        Generasi muda sebagai subjek
2.        Generasi muda sebagai objek

Generasi muda sebagai subjek adalah  mereka yang telah di bekali ilmu ilmu dan kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri dalam menyelesaikan masalah-masalah yang di hadapai bangsa, dalam rangka kehidupan berbangsa bernegara serta pembangunan nasional.

Generasi muda sebagai subjek adalah mereka yang masih memerlukan bimbingan yang mengarahkan kepada pertumbuhan potensi menuju ke tingkat yang maksimal dan belum dapat mandiri secara fungsional di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta pembangunan nasional.

Ø  MASALAH - MASALAH GENERASI MUDA 

1.        Menurut jiwa idealisme, patriotisme, dan nasionalisme di kalangan generasi muda.
2.        Kurangnya gizi yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan generasi muda.
3.        Kawin muda.
4.        Pergaulan bebas.
5.        Meningkatnya kenakalan remaja (tauran,mabuk – mabukan, ganja, narkoba).
6.        Belum ada peraturan UUD yang menyangkut tenteng generasi muda.


Ø  POTENSI – POTENSI GENERASI MUDA

1.        Idealisme dan daya kritis
2.        Dinamika dan kreativita
3.        Keberanian mengambil resiko
4.        Optimis dan kegairahan semangat
5.        Sifat kemandirian, disiplin, peduli, dan bertanggung jawab
6.        Keanekaraagaman dalam persatuan dan kesatuan
7.        Patriotisme dan nasionalisme
8.        Kemampuan menguasai ilmu dan teknologi

Ø  TUJUAN POKOK SOSIALISASI

1.        Memberikan ketrampilan terhadap seseorang agar mampu mengimbangi hidup bermasyarakat.
2.        Mengembangkan kemampuan.
3.        Membantu mengendalikan fungsi – fungsi organik yang dipelajari melalui latihan – latihan mawas diri yang tepat.
4.        Membiasakan diri dengan berprilaku sesuai dengan nilai – nilai dan kepercayaan pokok yang ada dimasyarakat.


·         PERGURUAN DAN PENDIDIKAN :

Ø  MENGEMBANGKAN POTENSI GENERSI MUDA 

Potensi generasi muda dapat di kembangkan melalui bidangnya masing – masing agar tercapai semua keinginan yang selaras antara generasi sebelumnya dan generasi baru yang akan mencapai suatu Negara yang maju dan sejahtera.

Ø  PENGERTIAN PENDIDIKAN DAN PERGURUAN TINGGI

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki ilmu di bidang keinginannya masing – masing agar bermanfaat bagi agama, keluarga, masyarakat, dan bangsa.
Sedangkan perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi di sebut mahasiswa sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi disebut dosen. Disinilah seseorang dapat mengembangkan lebih dalam lagi ilmu – ilmu yang telah di dapat dari pendidikan sebelumnya (SD,SMP,SMA) yang akan berpeluang besar menggantikan generasi sebelumnya, dan dapat memajukan bangsa dan negaranya.

“Alasan saya mengenyam pendidikan tinggi adalah untuk lebih mendalami bidang yang saya ingin pelajari, serta agar dapat mengabil bagian dalam dunia kerja, untuk membangun negri tercinta dan dunia”


SUMBER :



No comments:

Post a Comment

Tugas Konservasi Arsitektur

BGR kelompok 4 ...